Anggota

Angelia Monique - 2
Davis Limanjaya - 10
Chika Florencia - 18
Anthony Kusuma - 19

Thursday 13 February 2014

TUGAS FISIKA TENTANG RODA


Sesuai dengan hukum kesetimbangan benda tegar, yaitu keadaan benda stabil akan tetap stabil (Rumus: ∑ F=0 / ∑T=0) dan jika diberikan suatu gaya pengganggu, akan menjadi tidak stabil, maka roda yang sedang berputar dalam keadaan vertical yang kemudian porosnya diganggu dengan cara dimiringkan ke kanan atau ke kiri, mengalami / terjadi ketidakstabilan. Dalam hal ini, tubuh kita secara otomatis mengikuti arah miringnya roda untuk menjaga kestabilan. Jika poros roda dimiringkan ke kanan, maka tubuh akan mengikuti ke arah kanan untuk menjaga kestabilan (supaya tidak jatuh ke kanan), begitu juga sebaliknya. Hal ini sesuai dengan sifat dari benda tegar. Ketika roda dari awal diputar secara vertical, maka akan tetap vertical. Bila putaran awal tersebut diganggu (dengan cara dimiringkan), pasti terjadi ketidakstabilan. Benda cenderung tetap berputar pada kondisi tertentu.

ANGELIA MONIQUE
XI IPA 1 / 2

Apabila sebuah roda sedang berputar dalam kondisi vertical dan porosnya diganggu(dimiringkan ke kanan/ kiri) maka akan terjadi ketidak stabilan. Untuk mengatasi ketidak stabilan maka tubuh kita secara otomatis juga mengikuti arah miringnya supaya stabil. Jika poros dimiringkan ke kanan, maka otomatis tubuh kita juga kearah kanan supaya tidak jatuh ke kanan. Sebaliknya, jika poros dimiringkan ke kiri, maka otomatis tubuh kita juga ikut kearah kiri supaya tidak jatuh ke kiri. Ini sesuai dengan sifat benda. Ketika  dari awal diputar secara vertical akan tetap vertical, ketika diputar secara horizontal akan tetap secara horizontal dan diputar dala kondisi miring akan tetap miring. Bila diputar secara vertical lalu dimiringkan makan pasti akan tidak stabil. Benda akan cenderung tetap berputar dalam kondisi tertentu.
Hal ini sesuai dengan hukum kesetimbangan benda tegar yaitu keadaan benda stabil (∑ F=0 / ∑T=0). Tetapi jika diganggu dengan diberikan suatu gaya, akan menjadi tidak stabil.
Dalam kehidupan sehari-hari digunakkan dalam bermain sepeda (sebelum berbelok kita harus mengambil ancang-ancang dulu)


DAVIS LIMANJAYA
XI IPA 1 / 10

1 comment: